Saturday, April 28, 2012

Rendang


Rendang adalah masakan yang berasal dari kelompok etnis Minangkabau Indonesia dan sekarang umumnya di adopsi di seluruh negeri.  Salah satu makanan khas budaya Minangkabau, disajikan pada acara-acara seremonial dan untuk tamu kehormatan. Juga populer di Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina selatan dan bagian selatan Thailand, rendang secara tradisional disiapkan oleh masyarakat Indonesia selama acara-acara meriah. Meskipun kadang-kadang di gambarkan rendang sebagai seperti kari, dan nama ini kadang-kadang di terapkan untuk kari hidangan daging di Malaysia, rendang otentik tidak seperti. Pada tahun 2011 sebuah jajak pendapat online oleh 35.000 orang yang di lakukan oleh CNN International memilih Rendang sebagai makanan nomor satu dari daftar ’50 Makanan Paling Enak Dunia ‘.

Rendang dibuat dari daging sapi (atau kadang-kadang sapi hati,ayam, kambing, kerbau, bebek, atau sayuran seperti nangka atau singkong) yang dimasak dengan santan, bumbu dan kadang-kadang kerisik (kelapa panggang paste) selama beberapa jam sampai hampir semua cairan hilang, memungkinkan daging untuk menyerap bumbu pedas. Perubahan proses memasak dari mendidih untuk menggoreng sebagai cairan menguap. Proses memasak daging yang lambat memungkinkan untuk menyerap semua bumbu dan menjadi lembut. Rempah-rempah dapat mencakup jahe, lengkuas, daun kunyit, serai dan cabai. Rendang Ayam atau bebek  juga mengandung asam dan biasanya tidak dimasak selama rendang daging sapi.
Ada dua macam rendang:
kering dan basah. Rendang kering dapat disimpan selama tiga sampai empat bulan, dan itu untuk acara-acara seremonial atau untuk tamu kehormatan. Rendang basah, juga dikenal sebagai kalio, dapat ditemukan di restoran Minangkabau, dan tanpa pendinginan, harus di konsumsi dalam waktu satu bulan. Rendang sering disajikan dengan nasi, ketupat, dan lemang (beras ketan panggang dalam tabung bambu) di Indonesia.


Tips memasak rendang
1. 1kg daging, dengan kelapa 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau kamu ingin menyajikan 1,5 kg sebaiknya menggunakan 5 butir kelapa, gara santan terasa lebih kuat.
2. Ditambahkan 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
3. Ditambah 2 sdm(sendok makan) kelapa parut sangrai digiling halus hingga keluar minyak.
4. Sedikit gula (bila suka), khususnya saat menggiling cabai.
Ingin memperkuat rasa? tambahkan sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
5. Supaya rasa bumbu lebih meresap, sebaiknya daging diungkep bersama dengan semua bumbu dan daun, setelah air daging mengering  masukan santan, diaduk sampai mendidih.
6. Ingin tekstur daging menghitam ala rumah masakan padang? kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata.
7. *PENTING, jangan gunakan kelapa gonseng agar ketahanan masakan rendang padang lebih panjang, meskipun lebih menyita tenaga namun hasilnya jelas lebih berkualitas untuk kamu.

3 comments: